Usaha Bisnis Parcel
Saat mendekati lebaran,
masyarakat mulai mencari keperluan untuk memeriahkan hari lebaran. Dari mulai
baju lebaran, kue kering lebaran, hingga parcel lebaran banyak dicari orang
menjelang hari raya. Budaya saling mengirimkan parcel lebaran ternyata dapat
mendatangkan untung bagi para pelaku usaha
bisnis parcel.
Omset yang diperoleh pun dapat meningkat bahkan hingga mencapai 100% menjelang
hari raya tiba. Ada beberapa hal sebelum memulai usaha ini :
Konsumen
Target utama bisnis parcel lebaran adalah masyarakat
umum yang merayakan hari raya Idul Fitri. Namun masyarakat umum juga dapat
menjadi sasaran pasar bisnis tersebut, dengan adanya budaya mengirimkan parcel
kepada saudara dan kerabatnya pada saat peringatan hari raya. Selain masyarakat
individu, bisnis parcel lebaran juga menjadikan perusahaan – perusahaan swasta
sebagai target pasar yang memiliki prospek pasar cukup besar. Karena biasanya
perusahaan swasta memberikan bingkisan parcel lebaran kepada para karyawannya.
Produk
Kebanyakan parcel lebaran
berisi makanan ringan
dan minuman kemasan, namun seiring dengan berjalannya waktu kini parcel lebaran
variasinya mulai meningkat berisi perabot rumah tangga seperti barang pecah
belah. Harga parcel lebaran yang ada di pasaran juga bervariasi, dari mulai
puluhan ribu bahkan ada pula yang mencapai harga hingga juataan rupiah, itu
semua tergantung dengan ukuran dan isi parcel yang disesuaikan dengan kebutuhan
konsumen.
Umumnya satu bingkisan parcel lebaran berisi berbagai macam barang, berkisar antara 1
sampai 20 macam barang yang berbeda. Sebaiknya dalam memilih produk yang
dijadikan sebagai isi parcel, perhatikan pula kualitasnya. Misalnya jika
memilih parcel makanan atau minuman, sebaiknya perhatikan tanggal
kadaluarsanya, agar tidak mengecewakan konsumen. Sedangkan untuk parcel yang
berisi perabot, pilihlah perabot dengan teliti jangan sampai ada perabot yang
cacat atau rusak.
Proses
Packing
Biasanya parcel lebaran
dibungkus dan dihias, untuk mempercantik penampilan parcel tersebut. Parcel
lebaran dapat dikemas dengan menggunakan keranjang, atau kardus yang
sudah di desain dengan tema lebaran. Untuk mempercantik kemasan, ditambahkan
pula hiasan seperti pita, kartu ucapaan, hiasan seperti ketupat kecil yang
identik dengan perayaan hari raya Idul Fitri.
Pemasaran
Untuk pemasaran bisnis paket lebaran, dapat dicoba dengan cara – cara
berikut :
- Memasarkan langsung, kepada rekan – rekan dekat Anda. Atau dapat juga memasarkan secara door to door untuk wilayah sekitar rumah Anda
- Dapat juga dipasarkan dengan cara menitipkan produk parcel Anda, ke beberapa toko atau supermarket yang menjual paket parcel lebaran
- Cara yang ketiga yaitu dengan menawarkan paket parcel Anda ke perusahaan swasta, coba tawarkan melalui manajemennya. Agar Anda dapat membantu menyediakan parcel lebaran untuk semua karyawan perusahaan tersebut
- Cara yang keempat yaitu dengan memasarkannya melalui internet. Jangkauan internet yang luas, dapat membantu Anda memesarkan paket parcel lebaran hingga mencakup pesanan dari berbagai daerah.
Analisa Ekonomi
Misal dengan memproduksi sebanyak 100 paket
parcel lebaran
Modal Awal
- Syrup botol @
14.000,00 x 100 buah Rp 1.400.000,00
- Minuman kaleng @ 5.000,00 x 100
buah Rp
500.000,00
- Snack kaleng @ 15.000,00 x 100
buah Rp 1.500.000,00
- Kue kering 2 toples @ 20.000,00 x 2 x 100 Rp 4.000.000,00
- Biscuit kemasan @ 8.000,00 x 100
buah Rp
800.000,00
- Permen 1 kaleng @ 8.000,00 x 100
buah Rp
800.000,00
- Susu kental manis @ 7.000,00 x 100
buah Rp
700.000,00
- Keranjang hias @ 20.000,00 x 100
buah Rp 2.000.000,00
- Kartu ucapan @ 2.000,00 x 100
buah Rp
200.000,00
- Plastik dan pita
hias
Rp
300.000,00
Total
Rp
12.200.000,00
Biaya Operasional
-
Transportasi
Rp 100.000,00
- Tenaga kerja 1 orang @
700.000,00 Rp 700.000,00
- Biaya
promosi
Rp 100.000,00
Total
Rp 900.000,00
Omset
Penjualan 100 parcel
( @ Rp 150.000,00 x 100 buah
)
Rp 15.000.000,00
Laba Bersih
( Rp 15.000.000,00 – Rp 13.100.000,00
) Rp
1.900.000,00
Salam sukses.
Sumber
: bisnisukm.com