Senin, 06 Agustus 2012

Usaha Kue Kering

Usaha Kue Kering 

Saat hari besar ( lebaran) atau hari biasa, bisnis ini masih berjalan.Dan tidak bisa dipungkiri,rasa kue yang enak dan original, masih menjadi pilihan, meskipun harga lebih mahal.
Salah satu contohnya, kastengels  Susah mencari rasa yang benar enak. Yang ada sering kecewa saat kita membuka toplesnya dan rasanya biasa saja. Kejunya bukan keju tua, dan terasa sangat asin.
Begitu juga dengan putri salju dan nastar... Yang enak kan yang begitu masuk mulut rasanya benar benar terasa.
Sebenarnya bisnis ini cocok sekali buat ibu-ibu rumah tangga Selain bisa buat sendiri untuk suguhan tamu, kenapa tidak dijual saja, ke saudara, teman, tetangga, bahkan dijual online.
Prospek bisnis ini masih terbuka lebar, karena tidak semua orang bisa ( dan mau) meluangkan waktunya dan tenaganya untuk membuat kue kering sendiri . oleh karena itu saat nya anda untuk memulai bisnis ini,peluang ini sangat bermanfaat untuk Anda yang punya waktu luang dan bisa membuat kue. Peluang lain yang terbuka adalah menjadi reseller kue lebaran . program reseller bagi ibu-ibu yang pengen bisnis kue ini tapi tidak mau ribet bikin sendiri… Tinggal pasang label sendiri, trus jual, beres deh…

Tips untuk berbisnis kue kering menjelang lebaran :
  1. Jadikan bisnis ini sebagai hobi . Bagi Anda yang sudah memiliki keahlian dalam membuat kue kering, itu merupakan salah satu modal untuk memulai bisnis ini. Jadikanlah membuat kue ini sebagai hobi yang anda nikmati. Hobi tapi menghasilkan, luar biasa bukan ?
  2. Carilah  informasi sebanyak mungkin tentang pembuatan kue kering, mengumpulkan resep-resep kue kering dari beberapa sumber seperti dari koran, majalah dan televisi, membeli buku resep atau Anda bisa belajar langsung membuat kue kering dari teman atau saudara, coba juga tanya Ibu atau Nenek anda, apakah punya resep rahasia keluarga.
  3. Buat dan bagikan sampel produk kue Anda pada saudara, tetangga dan teman lain. Ini cukup menentukan , biasanya orang cenderung melihat rasa kemudian  harga . Lampirkan brosur yang berisi daftar nama kue kering yang Anda tawarkan lengkap dengan satuannya (perkilo atau pertoples) dengan harganya dan alamat serta nomor telepon yang bisa dihubungi untuk pemesanan. Lakukan juga promosi online via internet di facebook , twitter atau juga blog Anda.
  4. Modal. Untuk tahap awal kurangi biaya-biaya yang kurang penting agar Anda tidak terlalu berat dalam mengeluarkan modal di awal-awal usaha, Optimalkan penggunaan alat dapur atau alat-alat dalam pembuatan kue yang sudah Anda miliki.
  5.  Lakukan Riset Pasar .Sebelum memulai bisnis ini,Alangkah baiknya lakukan riset pasar untuk mengetahui kondisi pasar kue kering bagaiman cara pemasarannya untuk tahap awal pemasaran bisa Anda lakukan pada tetangga, teman kantor, atau mencoba menitipkannya pada toko-toko makanan. Lalu mencoba memproduksi kue kering dengan biaya produksi yang lebih rendah dari harga jual. Agar harga jual kue kering Anda bisa bersaing.
  6. Pergunakan Bahan Berkualitas . Anda harus menggunakan bahan-bahan yang berkualitas untuk memperoleh rasa yang khas dan disukai pembeli. Mungkin harga akan lebih mahal, tapi percayalah, Anda akan memperoleh pelanggan setia
  7. Selalu berinovasi. Buatlah kue kering yang belum ada di pasaran atau buatlah agar kue kering Anda memiliki ciri khas, supayaberbeda dengan yang lain. Ciri khas bisa kita peroleh dengan mencari ide-ide baru baik dengan penambahan bahan, bentuk yang lucu, dan rasa yang lezat untuk menghasilkan produk yang lebih variatif. Lakukan kontrol dengan ketat terhadap resep dan penggunaan bahan-bahan baku yang Anda gunakan untuk rasa produk yang konsisten.
  8. Membuat Bentuk Kemasan Kue Menarik. Kemasan yang unik dan menarik untuk memberi nilai lebih tambah pada kue kering produksi Anda. Kemasan yang cocok untuk kue kering adalah toples kedap udara atau toples mika dengan penambahan selotip agar toplesnya rapat. Disain atau dengan sedikit penambahan ornament lainnya sehingga bisa lebih terlihat menarik sehingga dapat meningkatkan  omzet penjualan.
  9. Percaya diri merupakan hal terpenting dalam memulai suatu usaha, jangan khawatir dan berkecil hati dengan persaingan yang banyak, karena setiap usaha memiliki pasar yang berbeda dan segmen pasar yang luas sehingga usaha kue kering ini masih bisa berkembang mengikuti trend yang ada.Bila bisnis ini berkembang dan mendapatkan keuntungan yang lebih, tidak ada salahnya usaha ini bisa Anda lanjutkan dan teruskan tidak hanya berhenti setelah hari raya saja, melainkan bisa lebih berkembang dan berkelanjutan.
  10. Menganalisa Usaha Kue Kering adalah Hal terpenting :
·         Buatlah daftar bahan-bahan
·         Buat juga daftar peralatan
·         Hitung biaya yang diperlukan
·         Menetapkan harga jual.
Selamat Mencoba.

Template by : kendhin x-template.blogspot.com