Kamis, 07 Oktober 2010

Cara membuat Telor Asin Rasa Bawang


Telur Asin Rasa Bawang?

Telur asin merupakan lauk yang cukup akrab dan ekonomis bagi kebanyakan orang. Apalagi di saat sekarang, di mana harga-harga kebutuhan pokok melambung tinggi sehingga telur asin menjadi salah satu lauk alternatif bagi sebagian orang. Mengapa? karena harganya yang terjangkau, bergizi dan praktis sebab tidak perlu memasaknya lagi. Oleh karena itu membuat telur asin bisa menjadi alternatif bagi kita untuk memulai berwirausaha sendiri.
Sebagaimana yang kita ketahui, telur asin adalah telur bebek yang rasanya asin. Tetapi, telur asin rasa bawang mungkin baru kali pertama anda dengar. Nah, dengan inovasi ini diharapkan orang menjadi tertarik kepada produk telur asin yang tidak biasa ini. Sebenarnya cara pembuatan telur asin rasa bawang sangat sederhana dan sama dengan membuat telur asin biasa, bedanya hanya adanya penambahan parutan bawang putih ke media rendaman telur selain garam.
Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat telur asin rasa bawang :
Telur bebek …………..10 butir
Bubuk bata atau abu …. 1,5 kg
Garam kasar ………….. 300 gr
Bawang putih ………… 50 gr
Air ……………….. …. secukupnya

Proses pembuatan :
Berikut ini cara pembuatan telur asin bawang :
  1. Cucilah telur agar bersih dari kotoran bebek
  2. Campurkan bubuk bata atau abu dengan garam dan parutan bawang putih hingga tercampur rata sebagai media telur. Untuk penambahan parutan bawang putih, makin banyak jumlah yang ditambahkan makin berasa bawang putihnya kelak
  3. Tambahkan air secukupnya pada media hingga jika media ditempelkan pada telur bisa menempel dengan baik
  4. Rendamlah semua telur dalam media hingga tertutup rata atau balutlah tiap telur dengan media paling tidak selama 7 hari, karena lama perendaman berpengaruh terhadap rasa asin telur, makin lama direndam makin asin rasa telurnya.
  5. Setelah melalui proses perendaman, cucilah telur dari media hingga bersih kemudian rebuslah telur asin hingga matang. Setelah itu telur asin rasa bawang siap dipasarkan

Tips : Sebagiknya telur asin rasa bawang yang dipasarkan diberi stempel yang bertuliskan merk dagang dan alamat produksi untuk memudahkan orang menghubungi anda jika ada yang tertarik dengan telur produksi anda. Selamat mencoba, semoga sukses dalam berwirausaha.
Sumber : Majalah al-Mawaddah

Template by : kendhin x-template.blogspot.com